Depo Lokomotif : Rumah Kepala Raksasa Kereta Api

     Selamat teman-teman, bagaimana kabarnya hari ini? semoga selalu dalam kondisi sehat baik lahir maupun batin yah :) . Pada kesempatan kali ini, admin akan menerbitkan konten Trainducation ke 3 dari Jurnal Penilik Lintas, selamat menikmati.

    Bagi sebagian teman-teman, tentunya pernah bertanya-tanya, dimana lokomotif mengistirahatkan mesinnya setelah perjalanan jarak jauh. Jawabannya tentu saja Depo Lokomotif, lalu apa itu depo lokomotif? Melansir dari WikipediaDepo lokomotif merupakan bengkel perbaikan dan perawatan lokomotif. Dipo Lokomotif menjadi tempat para raksasa besi kereta api sejenak beristirahat setelah melalang buana di lintasan rel Nusantara. 

Dipo Lokomotif Tegal (Daop IV Semarang), tampak CC2061320 PWT dan BB300 01 TG sedang stabling di loss depo, sedangkan 1 unit D301 sedang di restorasi
Dokumentasi Pribadi


    Pada setiap daerah operasi atau yang biasa disingkat dengan Daop, pasti memiliki lebih dari satu depo lokomotif yang tersebar di wilayah kerjanya. Pada umunya, depo lokomotif atau sub depo lokomotif berada pada stasiun yang menjadi awal dan akhir suatu perjalanan kereta api, baik stasiun besar maupun stasiun sedang. Untuk stasiun besar sekelas Purwokerto, Yogyakarta, dilayani oleh depo lokomotif yang besar pula, sedangkan untuk stasiun sedang biasanya dilayani oleh sub depo lokomotif atau yang sekarang lebih populer dengan sebutan PUS/PUK.

    Depo lokomotif atau depo traksi dipimpin oleh seorang Kepala Dipo Traksi atau biasa disingkat dengan KDT, nah KDT inilah orang yang bertanggung jawab mengeluarkan atau menerima lokomotif masuk ke wilayah kerjanya (depo lokomotif) termasuk melaksanakan perbaikan dan lain-lain. Fasilitas di depo lokomotif juga tak bisa disama ratakan karena fasilitas pada depo lokomotif biasanya tergantung jenis lokomotif apa yang akan ditampung disana. Namun, secara umum setiap depo lokomotif wajib memiliki fasilitas perbaikan, perawatan, serta awak kru yang handal dan siap berdinas. Pada beberapa depo lokomotif dilengkapi dengan meja pemutar lokomotif atau sering disebut dengan Turntable.

Turntable pada sub depo lokomotif Kroya (pojok kiri foto)
Foto milik Youtube Raildocs Indonesia 

        Alokasi lokomotif pada suatu depo lokomotif disesuaikan dengan frekuensi keberangkatan kereta api pada suatu daerah operasi, semakin banyak kereta api yang berangkat dari suatu stasiun di daerah operasi, maka semakin banyak pula alokasi lokomotif yang ditempatkan di depo lokomotif tersebut. Sebagai contoh, dipo lokomotif Sidotopo yang menyandang sebagai dipo lokomotif terbesar di Indonesia memiliki puluhan unit lokomotif berbagai tipe yang digunakan untuk berbagai jenis kereta yang berangkat dari wilayah Daerah Operasi VIII Surabaya maupun tiba di daerah operasi tersebut.

Sub depo lokomotif Kutoarjo
Dokumentasi Pribadi


        Di Jawa sendiri, tersebar banyak depo lokomotif maupun sub depo lokomotif yang melayani perbaikan serta perawatan pada lokomotif, berikut mimin rinciannya 

    • Daop 1 Jakarta            : Dipo Lokomotiif Cipinang (eks Jatinegara), Tanah abang, Sub Depo Rangkas Bitung, Sukabumi 
    • Daop 2 Bandung         : Dipo Lokomotif Bandung, Sub Depo Banjar, Cibatu, Purwakarta, Cianjur
    • Daop 3 Cirebon           : Dipo Lokomotif Cirebon
    • Daop 4 Semarang        : Depo Lokomotif Semarang Poncol, Depo Lokomotif Tegal, Sub Depo Pekalongan, Ambarawa
    • Daop 5 Purwokerto      : Depo Lokomotif Purwokerto, Sub Depo Cilacap, Kroya, Kutoarjo
    • Daop 6 Yogyakarta       : Depo Lokomotif Yogyakarta, Solo Balapan
    • Daop 7 Madiun             : Depo Lokomotif Madiun, Sub depo Kertosono, Sub depo kediri
    • Daop 8 Surabaya          : Depo Lokomotif Sidotopo, Surabaya Pasar turi, Malang.
    • Daop 9 Jember              : Depo Lokomotif Jember, Depo Lokomotif Ketapang

Dipo Lokomotif Jatinegara yang kini berpindah ke Cipinang 
Dokumentasi Pribadi


Emplasemen Dipo Lokomotif Semarang Poncol
Dokumentasi Pribadi


Loss Depo Lokomotif Purwokerto
Foto milik Januar Paradita 




Mungkin cukup sekian untuk konten trainducation kali ini, sampai jumpa pada konten-konten berikutnya dan terima kasih telah mampir :)

Silahkan mampir juga di akun media sosial mimin lainnya :)

Komentar

Postingan Populer